28 Feb 2013

Repost: Gagas! gotong royong di era media 2.0

Terpaksa saya posting ulang tulisan ini di sini, karena ditutupnya Salingsilang.com dan segenap jejaringnya. Artikel ini aslinya diposting 18 April 2012.

GAGAS! adalah sebuah situs yang dapat menjajakan gagasan, dan mengundang siapapun yang peduli untuk mendukung gagasan tersebut agar bisa terwujud melalui donasi. Prinsipnya adalah implementasi semangat gotong royong, di era media sosial, atau dikenal juga dengan era media 2.0.

Bangsa Indonesia dikenal memiliki rasa gotong royong dan solidaritas yang tinggi. Kasus paling menyolok adalah kasus pengumpulan koin untuk Prita Mulyasari, seorang ibu yang dikenai pasal pencemaran nama baik gara-gara email berisi keluhan kepada sebuah rumah sakit dan dokternya. Tiba-tiba dukungan bergulir, dan masyarakat Indonesia mampu mengumpulkan koin berjumlah setengah milyar lebih yang dituntutkan kepada Ibu Prita.

Berawal dari sebuah artikel di Politikana.com – situs politik web 2.0 dari Salingsilang.com – gagasan untuk mengkonkritkan upaya membangkitkan kembali semangat gotong royong di era 2.0 bermunculan dalam berbagai bentuk. Akhirnya warga Politikana.com sepakat untuk membuat sebuah situs web yang menampung gagasan unggul, dan orang-orang yang peduli untuk mendukung gagasan itu.

Munculnya GAGAS! melalui proses pengembangan yang juga sarat semangat gotong royong. Beberapa warga Politikana.com bahu membahu mencoba mewujudkan gagasan ini. Prinsipnya sederhana, akan ada sebuah situs yang dapat menjajakan gagasan, dan mengundang siapapun yang peduli untuk mendukung gagasan tersebut melalui donasi.

Dalam keterangan di situsnya disebutkan, GAGAS! lahir dari sebuah obrolan kecil sekelompok warga Politikana.com, yang menyadari bahwa gagasan kesejahteraan bersama warga Indonesia, bisa dibangun dengan langkah kecil yang sangat sederhana, yaitu bergotong royong mendanai setiap ide atau gagasan warga negara Indonesia, yang memang layak untuk dibantu diwujudkan bersama.

Gagasan ini memang bukan yang pertama di dunia maya. Bagi yang sudah pernah mengenal situs semacam Kickstarter, atau Fundit, gagasan mengenai crowdfunding memang sudah ada sejak lama. Salah satu keunikan GAGAS! adalah, mencoba menampung berbagai gagasan, baik dari ranah bisnis, sosial, maupun politik. Sederhananya, jika Anda tertarik untuk membuat partai karena Anda yakin bisa mengubah Indonesia, Anda pun bisa memanfaatkan GAGAS!

Saat ini pengembangan situs GAGAS! telah memasuki tahap Beta. Versi ini masih dikelola oleh kelompok penanggung jawab; Marini Salwa (@wawajie), Amrullah (@jingglang), Galih Prasetya (@MaxHeartwood), dan Syaifurrizal (@syaifurrizal). Nantinya, diharapkan GAGAS! akan dikelola sebuah yayasan/organisasi berbadan hukum yang memiliki visi dan misi yang serupa.

Situs sudah online, dan sudah ada satu proyek yang didaftarkan untuk penggalangan dukungan dana. Anda bisa mendaftar dan menjadi pengusung gagasan, atau pendana kegiatan. Masih banyak kekurangan di sana-sini, tetapi mengingat prosesnya yang juga dilakukan dengan semangat gotong royong, GAGAS! merupakan salah satu pencapaian yang patut diapresiasi dari warga situs User Generated Content (UGC).

Internet, khususnya media sosial, tidak saja tempat yang ditakuti karena ancaman pornografi atau pencurian data pribadi, tetapi juga bisa menjadi alat untuk mencapai tujuan mulia.


-----------------------

say it, you'll have it.  Saya di Google+
Posting Komentar