12 Jul 2012

Untuk Menang Pasti Butuh Perjuangan



Nak,

Kata orang dunia ini kejam. Orang Jawa bilang, saiki  jaman edan, nek ora melu edan ora keduman. Kalau kau tanya Ayahmu, apa kita perlu ikut edan supaya bisa keduman, jawabnya mungkin kau sudah tahu.

Tapi bukan jawaban pertanyaan itu yang penting. Masih ada pertanyaan lain yang harus dijawab. Apa tidak ada jalan lain? Apa ikut edan itu satu-satunya jalan?

Saat ini, mungkin kau akan jawab, "Iya". Itu karena kau pikir hanya ada satu jalan mudah. Itu karena jalan yang sulit kau anggap bukan pilihan.

Nak,

Tak mungkin hanya ada satu jalan untuk sebuah tujuan. Kalau kau mau, banyak jalan yang tak pernah dilirik orang, hanya karena tak pernah ada yang berpikir begitu. Orang yang hanya mau jalan gampang, tak pernah berpikir untuk membuat jalan baru.

Membuat jalan baru itu memang susah nak, tapi ketika kau yang membuka jalan itu, sudah pasti kau yang akan sampai duluan.

Kalau kau ingin menang, jangan lewati jalan yang sudah dibuat orang. Buatlah jalanmu sendiri, dan kau pasti jadi pemenang. Tapi ingatlah, tak ada cara mudah untuk menang tanpa kecurangan.

Pasti butuh perjuangan.

-----------------------
say it, you'll have it. Saya di Google+
Posting Komentar