7 Jun 2011

Apa Kata Android tentang iOS 5?

Apple dan Google, tampaknya akan semakin meramaikan pasar OS untuk smartphone. iOS5 baru saja dirilis, sementara Android kini sudah mencapai versi 3.1. Kedua OS untuk smartphone ini memang sedang jaya-jayanya, bahkan menurut klaim pihak Apple di WWDC 2011, iOS tetap yang teratas menguasai pasar smartphone.

Saya pengguna Android, meski masih setia dengan versi 2.2.9 Hackdroid versi developer independen, karena handheld saya, SE Xperia X8 memang hanya diperbarui hingga versi 2.1. Beberapa developer di forum xda-developer sedang bekerja keras memperbarui Android 2.3 agar bisa bekerja penuh dengan X8. Ini bagian yang saya suka dari Android :D

Habis nonton video WWDC 2011 di website Apple Events, saya jadi tertarik pada satu hal, yang menurut saya terkait dengan apa yang sudah dimiliki Android sejak dulu. Begitu melihat demo iOS5 tentang Notification Center, saya langsung teringat dengan pull down menu dan status bar di Andorid, yang juga berperan sama. Setelah googling sana-sini mencoba mencari informasi, saya temukan dua artikel paling relevan dengan apa yang saya pikirkan.

Tulisan dari CNet misalnya, membandingkan beberapa OS secara head to head. Seperti yang Anda bisa lihat, Notification Centre sudah digunakan oleh Andorid sejak tahun 2008, yang dikenal dengan Notification Pull-down. Memang secara tampilan, Notification Centre iOS5 memiliki ciri khas nya sendiri, khas grafis antarmuka dari Apple. Lagipula, iOS5 menawarkan tampilan notifikasi pada saat telepon sedang terkunci. Sedangkan fitur integrasi Twitter dengan iOS5, di Android sudah menyediakan fitur Share, yang memungkinkan kita mengirimkan tautan dari peramban ke aplikasi buatan pihak ketiga Android, misalnya ke Twitter, Facebook, atau aplikasi lain yang relevan.

Berikut adalah screenshot tabel perbandingan beberapa mobile OS yang saya ambil dari web reviews.CNet.com:


Fitur lain yang diperkenalkan iOS5 adalah Safari untuk iOS yang menyertakan tabbed browsing, fungsi “reader” seperti yang dimiliki safari versi Mac OS X, dan “reading list”. Tabbed browsing dan fungsi "reader" tentu bukan aneh bagi Anda pengguna browser Safari, sedangkan fungsi "reading list" adalah daftar artikel yang Anda tandai melalui sistem bookmark.

Di Android, multi tab Android native browser memang belum ada, yang ada hanya multi halaman. Ia tidak ditampakkan sebagai tab, tetapi kita bisa browsing dengan beberapa halaman aktif sekaligus. Dengan menekan tombol menu, kita bisa mengkases halaman mana yang akan dibaca. Dari beberapa third party browser yang saya pernah coba, tidak ada yang benar-benar menggunakan multi tab, tetapi hanya multi page browsing. Entah setelah peluncuran iOS ini, mungkin para developer di Google atau para developer independen lainnya akan mulai 'bertindak'.

Sedangkan fitur kamera dan aplikasi untuk email, Android memang cukup tertinggal. Kamera iPhone selama ini sangat populer di kalangan kamera smartphone karena kemampuannya yang superior. Sementara Android, tergantung pada vendor device yang menggunakannya. Samsung sejauh ini memiliki teknologi kamera yang cukup canggih. Demikian pula dengan aplikasi email, di Android tersedia aplikasi email dan GMail, yang dua-duanya memiliki fitur yang standar.

Fitur lainnya yang dibahas dalam peluncuran itu tidak terlalu populer di kalangan user pemula seperti saya, jadi tidak dibahas lebih lanjut. Tapi jika melihat beberapa fitur yang membuat Android tampak ketinggalan, kita perlu menunggu bagaimana reaksi developer Android untuk menyikapi tantangan iOS5 ini.

Simak juga perbandingan yang lain di artikel Breakdown: Android 2.3 vs iOS 5 for iPhone.

-----------------------
say it, you'll have it.
Posting Komentar