7 Jul 2009

Selamat Mencontreng Presiden/Cawapres!

eddie b. handono, via fesbuk

Sehari lagi Pilpres. Kita akan memilih presiden lagi. Dulu, pada tahun 2004, ketika SBY-Kalla terpilih, saya pernah menulis sebuah surat terbuka di milis, berjudul (Kabinet) Pelangi di Matamu - Surat Terbuka untuk SBY - Kalla. Saat itu harapan digantungkan setinggi langit. Biar bagaimanapun, SBY-Kalla adalah Presiden-Cawapres pertama yang dipilih langsung oleh rakyat.

Saya juga rakyat. Saya juga pengen menang. Saya pengen hidup nyaman. Jalanan tidak dipenuhi kendaraan yang parkir sembarangan, atau yang berkelakuan seperti di binatang jalang. Sekolah tidak dipenuhi akal-akalan rumus cepat, atau SMS kunci jawaban. Rumah sakit tidak dipenuhi 'tukang dagang', tapi petugas kesehatan.

Saya pikir mimpi itu dulu sederhana saja. Kalau saya jadi presiden, masak sih urusan seperti itu saja gak bisa diberesin. Ternyata saya salah. Menjadi presiden itu susah. Banyak yang harus diurusin. Bukan cuma mimpi seorang rakyat yang banyak maunya seperti saya ini.

Semoga pilpres kali ini sudah lebih baik. Setidaknya presiden yang dihasilkannya lebih baik. Jangan singgung soal pelaksanaannya, yang memang terkesan amatiran. Minta budget untuk urusan IT tapi tidak bisa memanfaatkan. Punya waktu lebih dari 3 tahun urus DPT nyatanya juga masih 'dodol'. Sampai harus dibantu tim sukses para peserta pemilu.

Sudahlah. Kita tunggu saja hari-hari setelah hari Rabu, 8 Juli 2009 nanti, apa yang akan terjadi. Sementara itu saya akan berusaha menyelesaikan pencarian saya, DVD Rage Against the Machine tahun 2001, tentang The Battle of Mexico, dan meneruskan membaca buku The World is Flat-nya Friedman. Semoga kita masih bisa bermimpi di alam yang baru!

-----------------------
say it, you'll have it.
Posting Komentar