5 Feb 2009

Kepala Negara Thailand adalah Perdana Menteri (?)

Yingluck Shinawatra lahir pada 21 Jun 1967 adalah presiden SC Aset Co. Ltd, dan adik bungsu bekas Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra. Pada bulan Mei 2011, partai Pheu Thai mengusung Yingluck sebagai Perdana Menteri Thailand, dan berhasil menjadi Perdana Menteri selepas Pemilu Raya Thailand 2011 (Foto: chnqiang.com).


Ini kesimpangsiuran yang aneh. Awalnya saya sedang menonton acara Suara Anda di Metro TV. Di sela-sela acara ada kuis, yang menanyakan negara asia yang tiga kali berganti kepala negara dalam setahun. Setengah menduga, saya menjawab dalam hati, "Jangan-jangan yang dimaksud adalah Thailand". Tapi, di Thailand bukankah kepala negara-nya adalah Raja?

Karena ragu-ragu, saya coba buka wikipedia, dan... Dari wikipedia tentang Thailand, saya menemukan sepotong informasi seperti yang saya cuplik di atas. Katanya, kepala negara Thailand adalah Perdana Menteri. Nah lho... Hihihi... Siapa yang gak lulus PPKN nih...

Lalu saya klik bagian kepala negara, dan muncullah informasi berikut ini:


Dari sini, jelas bahwa contoh negara dengan sistem pemerintahan parlementer, dimana kepala pemerintahannya adalah perdana menteri, adalah Thailand! Hehehe... Saya jadi makin pusing.

Tapi okelah. Lepas dari semua itu, saya cuma mau mengingatkan kepada media massa supaya tidak salah dalam memberi informasi kepada masyarakat. Meskipun itu hanya berupa insert dalam sebuah program acara.

Begitu...?!

-----------------------
say it, you'll have it.
Posting Komentar