17 Jan 2009

Mari Kita Dukung Israel!

John Rehearses Give Peace A Chance By Roy KerwoodImage via WikipediaKrisis Gaza membuat kita terpana. kekejaman Israel memancing amarah kita. Caci maki. Kutukan. Dan segala sumpah serapah kita alamatkan pada Israel, atau kita spesifikkan menjadi warga Yahudi.

Kekerasan Israel, dibalas dengan kekerasan, maka akan melahirkan kekerasan baru. Saya sangat setuju dengan Paulo Freire mengenai soalan yang satu ini. Lingkaran kekerasan ini tidak akan pernah berakhir. Ketika kekerasan melahirkan dendam, maka akan terus menjadi bibit kekerasan baru di masa datang.

Kalau kita mendambakan perdamaian, maka sebaiknya kita lakukan dengan damai pula. Tak peduli apakah yang kita ajak damai mau ikut atau tidak, tapi setidaknya kita sudah menunjukkan itikad baik kita. Kalau kita iku-ikutan putus asa, maka hilanglah akal sehat.

Kenapa kita harus dukung Israel? Kita harus mendukung Israel untuk segera angkat kaki dari Gaza, dan dari tanah air warga Palestina. Kita harus dukung Israel untuk menemukan tanahnya sendiri. Kita harus dukung Israel untuk menghentikan agresinya pada warga Palestina. Itulah bentuk kepedulian saya pada perdamaian yang seharusnya terjadi di tanah Gaza.

Demikian pula kita harus dukung kelompok Hamas untuk menghentikan penyerangannya, atau istilah Barat adalah teror terhadap warga Israel. Kita harus dukung upaya-upaya apa saja yang dilakukan untuk menghentikan kekerasan, tidak hanya berhenti dengan mengutuk kekerasan dan akibat yang ditimbulkannya. Lagi-lagi, mencoba menghentikan dengan kekerasan hanya akan melahirkan kekerasan yang lain.

Cukup sudah nyawa korban tak berdosa. Baik dari pihak Palestina maupun dari pihak Israel. Meskipun secara jumlah tidak berimbang, tetapi nyawa tetaplah nyawa. Tak peduli satu atau sejuta, hilangnya nyawa akan menimbulkan duka tiada tara. Apalagi dengan cara yang tidak beradab.

Mimpi kita adalah sebuah perdamaian di dunia. Seperti mimpi John Lennon yang melegenda melalui lagunya, Imagine:

Imagine there's no Heaven
It's easy if you try
No hell below us
Above us only sky
Imagine all the people
Living for today

Imagine there's no countries
It isn't hard to do
Nothing to kill or die for
And no religion too
Imagine all the people
Living life in peace

You may say that I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope someday you'll join us
And the world will be as one

Imagine no possessions
I wonder if you can
No need for greed or hunger
A brotherhood of man
Imagine all the people
Sharing all the world

You may say that I'm a dreamer
But I'm not the only one
I hope someday you'll join us
And the world will live as one

-----------------------
say it, you'll have it.
Reblog this post [with Zemanta]
Posting Komentar