7 Okt 2008

Kenapa AS Bisa Krismon?

The Wall Street Crash of 1929, the beginning o...Image via WikipediaBerita hebohnya krisis ekonomi di AS, terkadang membuat saya bertanya-tanya. Apa iya, negara sebesar itu bisa juga kena krisis? Membaca berita di sana-sini, terlalu banyak istilah-istilah asing yang saya tidak mengerti, terutama yang berkaitan dengan dunia perbankan. Lalu ketemu tulisan Budiarto Shambazy di kompas, yang lumayan mencerahkan. Ternyata ini tho penyebab krisis di Amerika... Berikut kutipan tulisannya:
Andai Bernanke dan Paulson menanggapi peringatan Obama, krismon tak mustahil terhindari. Pemicu krismon sudah jelas, yakni foreclosure (rakyat tak mampu bayar cicilan utang rumah).
Foreclosure yang mulai menggejala hampir dua tahun lalu disebabkan kegagalan Bush melanjutkan ekspansi ekonomi Clinton. Jika diindonesiakan, gelar MBA yang dipunyai Bush lebih pantas disebut ”mémblé ajé”....
Separah apa sih krisinya? Dari tulisan Shambazy pula, dijelaskan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat turun drastis, sehingga banyak terjadi penarikan dana dari bank. Tentu bank kolaps kalau dananya habis ditarik nasabah (rush).
Kalau penggerogotan terlalu lama, rakyat menarik dana dari pasar (uang, saham, kredit, dana pensiun, dan lain-lain) dan menyimpannya di bawah kasur. Itu sebabnya, bail out langkah yang wajar walau secara politis ia a necessary evil karena tak adil. 
Para eksekutif Wall Street (seperti para taipan penerima BLBI) tak malu dibantu dana talangan. Dana 700 miliar dollar AS bersumber dari pajak yang dibayar 2.300 dollar AS oleh tiap orang. 
Menurut perkiraan, dana yang dibutuhkan sedikitnya 2 triliun dollar AS. Apakah krismon bisa ditanggulangi, wallahu alam.

Ternyata Obama sudah memperingatkan pihak berwenang menjelang terjadinya krisis. Tapi kurang ditanggapi, sehingga akhirnya kolaps. Kini, pemerintah AS harus membuat "BPPN" dengan mengggelontorkan kurang lebih 700 juta dollar untuk perbaikan ekonomi. Hehehe... Tidak di sini, tidak di sana, krisis bisa menghajar siapa saja yang tidak siap siaga.

-----------------------
say it, you'll have it.

Reblog this post [with Zemanta]
Posting Komentar