1 Jun 2008

Naomi Klein & Anti Globalisasi (Kapitalisme)

Naomi KleinImage via WikipediaMafia Berkeley? Mungkin banyak yang menyangkal tuduhan ini. Tapi sudahlah, tidak perlu berdebat soal itu, karena di atas semua teori konspirasi, tidak pernah ada bukti yang konkrit.

Tapi kalau menyimak film pendek dari Alfonso Cuarón & Naomi Klein ini, mungkin Anda akan berpandangan lain. Naomi Klein, salah seorang dari World's Top 50 Management Gurus , dan juga adalah seorang jurnalis yang sebelumnya menulis sebuah 'kitab' bagi pergerakan anti Globalisasi, berjudul "NoLogo".

Shock Doctrine, demikian judul buku baru Klein, yang dibuatkan film pendeknya oleh Alfonso Cuarón. Film pendek ini mengutip beberapa bagian penting dari buku Klein, bahwa dunia ini sejatinya dikuasai oleh para kapitalis, melalui tangan-tangan perkasa negara adikuasa. Ada banyak jalan untuk menembus dunia, antara lain dengan Shock Therapy.

Terapi ini, menurut Klein, diadopsi dari cara-cara CIA 'menaklukkan' tawanannya, melalui berbagai macam teknik interogasi. Kalau CIA melakukannya terhadap individu, menurut Klein lagi, teknik yang serupa bisa diterapkan pada komunitas, bahkan komunitas dunia.

Kuncinya pada memanfatkan krisis, dimana pada saat itu masyarakat sedang panik dan kehilangan orientasi. Melalui berbagai topeng, kapitalis bisa masuk dan kemudian menancapkan ideologi dan infrastruktur lain ke dalam wilayah yang menjadi sasarannya.

Berikut film pendek "Shock Doctrine" yang di-upload di Youtube:



UPDATE: Nemu buku Shock Doctrine di toko buku bandara, dan setelah membacanya, ternyata Mafia Berkeley itu memang ada. Mereka adalah sekelompok ahli ekonomi yang menjadi penasehat Suharto, di masa sebelum berkuasa. Mafia Berkeley ini bahkan, menurut buku Klein, adalah kelompok yang meyakinkan Suharto untuk maju, dan 'mengambil alih' kekuasaan. CIA ada di belakang gagasan itu, dan tentu saja kompensasinya adalah kontrak karya atas kekayaan alam Indonesia. Dua tahun setelah Suharto naik tahta, hampir semua kekayaan itu sudah habis dibagi-bagi untuk para korporat multinasional. Buku yang wajib Anda baca :D Berikut Naomi Klein tentang The Rise of Disaster Capitalism.

 


 ----------------------- say it, you'll have it.

Zemanta Pixie
Posting Komentar