30 Mei 2008

(Mungkin) Foto Jurnalis Paling Dramatis Tahun Ini

Kompas cetak, 28 Mei 2008

Sungguh 'mengagumkan' menatap foto Porong, Sidoarjo yang tergenang lumpur Lapindo ini (ada yang menyebutnya sebagai LUSI - Lumpur Sidoarjo). Beberapa saat setelah menerima koran Kompas dari tangan loper, saya sempat terhenyak. Umpphh... Belum selesai ternyata masalah ini!

Dalam posting yang lalu, saya sempat menulis tentang Lapindo, tetapi menyangkut pernyataan pemerintah yang menetapkan bencana lumpur ini sebagai "Bencana Alam", kira-kira sama dengan tsunami di Aceh. Maka penyelesaiannya pun, tampaknya akan dilakukan seperti penananganan tsunami Aceh. Tapi sayangnya, tidak akan ada satu lembaga internasional pun yang mau membantu, karena faktanya, ini adalah kelalaian manusia. Makanya saya lebih suka menyebutnya sebagai bencana orang.

Kalau mengikuti foto-foto headline Harian Kompas, maka saya ingin memilih foto ini sebagai salah satu yang terbaik di tahun 2008 ini. Mungkin juga karena ukurannya yang cukup besar, sehingga cukup untuk membelalakkan mata pembacanya.

Disertai doa, harapan, dan kepercayaan, agar kasus ini segera diselesaikan.

Baca juga:
  1. Dukung Korban Lapindo, Ayo Berbaju Serba Putih!
  2. Mud flow in East Java
  3. Blog korban Lapindo
  4. Advertorial Lapindo Menyesatkan?

Update:
Investor AS, Vlocity Holding, akan membangun pembangkit listrik bertenaga panas lumpur di wilayah Porong, Sidoarjo, berkekuatan kurang lebih 2000 Megawatt. Apakah ini akan berguna bagi masyarakat Porong? Apakau ini bisa jadi jalan keluar bagi kemelut Porong? BTW, kok nyari Vlocity Holding di Om Google gak ketemu yah? *mikir*
  1. Lumpur Sidoarjo jadi Pembangkit Listrik - Elshinta
  2. AS Bangun Pembangkit di Porong - Bisnis Indonesia
  3. Geothermal atasi Lumpur Lapindo - Antara
  4. Bangun PLTP 2000 Mw di lokasi Semburan Lapindo - Fajar online
  5. Awal mula Lapindo menurut blogger - rovicky.wordpress.com
  6. LUSI ambles 4-7 meter dalam Semalam! - rovicky.wordpress.com
-----------------------
say it, you'll have it.
Zemanta Pixie
Posting Komentar