30 Jan 2008

Peduli Bumi

Berbagai kampanye peduli planet bumi semakin gencar akhir-akhir ini. Apalagi konferensi perubahan iklim di Bali beberapa waktu lalu, merekomendasikan banyak hal mengenai apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pencemaran yang secara rutin kita lakukan terhadap bumi.

worldsilentday.org, yang tampaknya terinspirasi oleh Nyepi ala orang Bali, termasuk gagasan yang digarap serius. Websitenya menampilkan beberapa informasi kenapa kita perlu berhenti sejenak, dan membiarkan bumi ini 'bengong'.

Di Australia, kampanye yang hampir sama pernah dilakukan dengan cara menghentikan penggunaan listrik selama kurang lebih 1 jam. Pada tanggal 31 Maret 2007, Sidney gelap total. Selama pukul 19.30 - 20.30, listrik di Sidney dipadamkan. Pet.

Banyak materi kampanye yang bisa didonlod di sini. Salah satunya yang terpampang disini. Adalagi screeensaver, banner, dll. Silakan tengok saja sendiri.

Gagasan-gagasan kampanye yang melibatkan masyarakat, ternyata juga bisa dimobilisasi dengan cara ini. Selain mobilisasi di tingkat grass root, mobilisasi dengan 'branding' seperti ini ternyata belakangan sedang marak. Beberapa waktu yang lalu, Droga 5 bersama UNICEF, dengan Tap Project Campaign juga berhasil memobilisasi banyak dana dengan mengubah isu kekurangan air menjadi 'brand' yang dikomunikasikan di tingkat massa. Hasilnya cukup menakjubkan.

Di Jakarta, sedang digalakkan kampanye No Car Day. Meski gagasan kampanye ini terasa 'agak memaksa', tetapi sebaiknya digarap secara serius ala worldsilentday, atau Earth Hour, agar menarik simpati juga dari masyarakat.

Kita percaya masyarakat punya niat juga untuk menyelamatkan bumi, tinggal bagaimana memobilisasinya secara benar. Apalagi jika partisipasi dari masyarakat dapat digalang secara sadar, diberi peran yang jelas dan cukup konkrit sehingga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan. Jangan katakan "Jangan Buang Sampah Sembarangan", tetapi katakan "Buanglah Sampah pada Tempatnya".

Memang benar, tidak perlu jadi Superhero. Cukup jadi ibu rumah tangga atau pembantu yang bisa memilah sampah kering dengan sampah basah, dan mendaur-ulang sampah yang masih bisa dimanfaatkan. Lebih dari itu, hebat!

Update (11/02/08):
Coba tengok link kesini: http://blackle.com/
Search Engine variant Google yang sengaja dibuat berwarna hitam, karena katanya bisa menghemat energi di layar monitor.

-----------------------
say it, you'll have it.
Posting Komentar