4 Agt 2006

Menyebalkan: Membaca Koran Tanpa Editor

Entah apa yang sedang terjadi dengan Kompas. Terlalu sering harian terkemuka ini melakukan kesalahan mendasar bagi sebuah koran, memuat berita tanpa editing yang teliti. Entah editornya mengantuk, atau berita olahraga seperti kasus yang saya temukan ini tidak pernah dianggap penting.

Semoga gambar yang saya cuplik ini tidak terlalu kecil, sehingga Anda bisa melihat sendiri kecerobohan yang bukan pertama kalinya dilakukan Kompas dalam hal menulis berita.

Di kolom olahraga tanggal 4 agustus 2006, pada artikel yang menceritakan tentang Patrick Vieira, Kompas menulis bahwa "...pemilik klub Juventus, Massimo Moratti...". Haa??!!

Bagaimana bisa Moratti memiliki Juventus dan sejak kapan? Vieira memang pindah ke Inter Milan dari Juventus, dan Inter Milan-lah yang dimiliki Moratti, bukan Juventus. Lalu?!!

Memang bukan persoalan besar. Tetapi sebaiknya Kompas berpikir dua kali sebelum memuat berita yang tidak benar seperti ini. Apalagi dengan reputasi sebesar Kompas.
Sangat disayangkan.

Dalam artikel lain, pada tanggal yang sama, pada lembar Jawa Barat, Anda yang di Jawa Barat akan menemukan sebuah artikel dengan keganjilan yang lain. Dalam artikel yang bercerita tentang industri periklanan radio, tertera kalimat "... jika dulu setengah tahun, kini enam bulan..." Apa bedanya lalu setengah tahun dengan enam bulan? Inti dari artikel itu mau mengatakan, bahwa pada waktu yang lalu, pengiklan di Bandung mau memasang iklan selama setengah tahun. Tapi di masa krisis ekonomi sekarang ini, mereka hanya memasang selama enam bulan. ??

Sungguh menyebalkan membaca koran tanpa editing seperti itu. Dan saya harus membayar cukup mahal untuk kesalahan yang tidak perlu seperti ini. Tanya Kenapa?
Posting Komentar